Jumat, 26 Juni 2015

Job Experience



Hai.. assalammu’allaikum.. ^^/

Kira-kira masih ada ga ya yang masih suka ngintip blog gue? Long time no see bgt sama blog ini.. Kangen *alah
Ah ga terasa udah hampir 1 bulan saya di Bandung, tepatnya saya di kabupatennya, daerah Gambung atau Pasir Jambu, tempat kebun teh gitu deh intinya (Buat orang Bandung pasti tau where is it), kalo dari kota jauh banget, jadi ya kalo mau belanja harus turun dulu ke Ciwidey, bulan puasa gini ya hari pertama jg ngabuburitnya kesana, mungkin minggu-minggu ke depan  gue juga akan terbiasa dengan jalan-jalan ke Ciwidey.. Pokoknya selalu prepare Jaket..
Sebelumnya maafin saya ya yang cuma mau bagi cerita tapi ga mau terlalu mengekspose .. hampura

Mumpung saya inget , pertama kali saya nyampe disini akhir Mei, menjelang awal Juni,,
Saya termanjakan dengan pemandangan yang subhanallah Indahnya, kebun teh dan pohon-pohon yang masih asri dan terbentang begitu luas, berasa pengen terbang sampe saya kehabisan kata-kata, lebay tapi asli deh keren banget, ada rasa bahagia dan ucap syukur ga ada habisnya untuk  saya yang bisa mulai merasakan tinggal disini, yang tiap pagi bakal saya liat adalah langit dengan awan yang begitu keren, matahari yang terus-menerus pamer kecerahannya, anjing-anjing lucu depan rumah yang baik hati dan setia (Billy, Blacky yang sekarang beranak pinak lagi, Browny, sikembar Chubby dan Bready, dan Rocky yang lagi sakit semoga cepat pulih dan bulu-bulumu bersemi kembali ya nak, buat yang suka jahat sama kalian semoga dapat ganjarannya biar jadi manusia yang baik), pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi, trus suhu dingin yang bener-bener sungguh dingin.. Alhamdulillah

Betapa saya yang terlalu berlebihan dari rumah yang menurut saya dibutuhkan disini, sekitar 1 koper gede dan 1 tas ransel plus I tas cangklong *apalah..dari rumah saya di Bogor  saya naik travel berhenti di stasiun Bandung trus dijemput penelitinya pake mobil kantor, dan saya mulai mellow bgt pas merasa betapa saya akan bener-bener hidup sendiri dan mandiri, dan bertahan tanpa duit orang tua lagi, and you know? I know what my mother feeling when she said good bye to me. Apalagi setelah dia tau, saya tinggal dirumahnya peneliti, bukan di asrama atau semacamnya. Oh iya, saya lupa bilang kalo saya di Bandung ini kerja sebagai Asisten Proyek Penelitian tentang teh, mungkin agak tepatnya saya kayak asisten pribadinya si peneliti, karena saya ga paham juga kalo sebenernya saya ga terikat sama instansi disini, itu juga alasan kenapa saya tinggal di rumah dinasnya peneliti, dan belum tau kedepannya gimana untuk saya yang bener-bener mau kontrak lanjut kerja dan terikat dengan instansi disini, masa kontrak awal adalah 3 bulan.. So, for the first time, saya belum nyaman sama yang namanya tinggal satu rumah sama penelitinya walaupun ya udah punya istri juga..

I feel so wasting my energy, udah bawa berat-berat gataunya ga kepake, karna saya bawa cukup banyak kaos lengan pendek dan celana pendek, yang ga mungkin dong kalo saya pake dirumah walaupun saya cuma keluar kamar, karna saya pake jilbab, dan peneliti saya cowok plus bukan muhrim,* ceilahh..
Orangtua saya langsung nyusul saya kesini, tau anaknya tinggal dimana yang bikin mereka khawatir, padahal si Ibu juga lagi sakit, ah maafkan aku.. Ngobrol-ngobrol sama si peneliti, yang seenggaknya membuat mereka sedikit lega, bahwa anaknya InsyaAllah akan baik-baik saja..

Untuk minggu pertama saya lebih suka menghabiskan waktu di kamar, ya walaupun peneliti sama istrinya udah welcome bgt dan suruh anggap kayak rumah sendiri (kenapa ga saya jual aja rumahnya kalo kata meme yang beredar,, haha),, ya namanya jg masih ngerasa asing..

Jadwal kerja saya dari hari Senin sampe Jum’at dari jam 8 pagi sampai  jam 4 sore,, tapi untuk bulan puasa ini dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore, dan khusus hari Jum’at sampe jam 12 siang,, hehe,, Jujur ya saya di minggu pertama lebih banyak cengok, karna masih belum produktif untuk Lab,, dan saya disuguhin buku-bukunya peneliti, yang walaupun udh saya baca masih banyak yang saya gak paham, soalnya bukunya ada yang bahasa inggris juga dan ruwet istilahnhya,, Tapi, it’s so amazing, begitu saya mulai tau banyak tentang peneliti saya dan tentang sisi baik buruk dari instansi disini, yang intinya saya harus siap dengan semua muka topeng, karna ini kerja, bukan lagi kuliah, ga cuma disini mungkin di instansi lain juga sama, oh man…

Peneliti saya ini baik banget, dia pinter dan cerdas, saya sempet tanya temen saya yang pernah magang disini, dia bilang peneliti saya ini pintar tapi gak cerdas, dan saya mematahkan tentang gak cerdas itu ga benar sepenuhnya, walaupun ada beberapa penjelasan dari beliau juga yang saya kurang setuju atau sependapat, ya penilaian orang kan beda-beda setiap orang pasti punya sisi baik dan buruk, tinggal gimana kita nyikapinnya,, Emang menurut kamu cerdas itu apa hayo??..

Peneliti saya ini kayak memberikan kuliah gratis tiap hari sama saya, tentang banyak hal ilmu penelitian dan tentang alam, dunia pertanian, yang selama ini banyak yang gak saya tau selama kuliah, atau banyak ilmu yang gak sempurna dan kurang dari apa yang saya pelajarin selama kuliah terutama semasa skripsi (banyak gilee yang salah kaprah)..  Selain itu peneliti saya ini, kereaktif ya kreatif bgt deh hehe, dia bisa nyiptain alat-alat elektronik khususnya buat di laboratorium dengan barang-barang yang sebenernya udah rusak tapi bisa dia benerin lagi atau yang ada aja, keren ya, sayangnya saya ga bisa nyontohin, cuma kebanyakan oh oh aja,, hihi, dan saya juga suka bgt kalo beliau udah cerita tentang kenapa nenek moyang kita dulu ngelakuin hal-hal yang menurut org jaman sekarang klenik, padahal itu ada ilmunya lho dan banyak alasan sainsnya.. dan lagi-lagi saya cuma kebanyak oh-oh aja.. and you know? Dia punya buanyak banget buku-buku dan jurnal-jurnal berfolder-folder di laptopnya (ada banyak yg terbaru jg dan hampir semua Internasional) semua yg berkaitan dengan proteksi tanaman, entomologi, mikrobiologi,kesehatan, alam,, ah hampir semua pokoknya, saya ga heran kenapa dia bisa tau banyak banget tentang tanaman dan lingkungannya, karna dia udah baca itu semua dan dia paham.. (otak saya mah mana kuat kayaknya yee..) oh ya satu lagi, dia suka banget sama semua tentang India, kulinernya, film-filmya, dia juga udah pernah ke India.. Jadi buat yg kenal saya, jangan heran kalo ketemu saya tiba-tiba ngomongin India, karna ini menular, hati-hati,, hohoho

Mungkin emang bener kalo kata beliau dan istrinya, kita masih butuh pelajarin ilmu sebanyak-banyaknya selama kita masih punya kesempatan itu, soal gaji? Kamu mau gaji gede? Kamu yakin udah bisa berkontribusi dengan ilmu kamu? Yang mungkin cuma segitu?. Kecuali kamu mau wirausaha gitu itu beda lagi ceritanya, itu mah sampeyan yang nentuin sendiri gajinya atau kamu sendiri yang jadi direkturnya. Percaya deh, anak fresh graduate itu masih butuh pengalaman dulu buat bisa nerapin ilmunya, gak harus sekaligus, tapi pelan-pelan, jangan muluk-muluk pengen gaji gede. Trus jangan pernah berharap kalo kamu kerja di sebuah istansi, dia bisa ngasih apa buat kamu, tapi apa yang bisa kamu kasih buat memajukan instansi itu biar lebih berkembang, lebih baik, dengan sumber daya manusia yang ga buta sama duit-duit tikus, dan pasti ujungnya ada efek buat negara kita sendiri dan rasa bangga kita. Ahhsseek.. Inget ya rejeki udah diatur selama kamu masih mau berusaha, kuncinya ikhlas, sabar dan kurangin ngeluhnya (walaupun batin)..
You should be brave and be though, kudu survive dan punya tanggung jawab.. ok

Saya baru dua minggu aja udah ada masalah kok disini, tapi ini bukan saya yang buat masalahnya dan harus bener-bener sabar, dalam kehidupan pasti ada ajakan yang gak suka sama kamu,, nah itu masalahnya, gimana caranya mungkin biar saya bisa tersingkir, yah mungkin mulai ada celah buat mereka untuk memonopoli, saya sempat nginap dirumah orang kepercayaan peneliti saya selama dua hari, sampe akhirnya saya kembali lagi ke rumah beliau dengan kedatangan adik perempuan dari istrinya biar ada yang nemenin saya, dan saya bisa stay focus sama tujuan saya kesini, dan ga ambil pusing dengan manusia-manusia bertopeng itu.. Alhamdulillah, adiknya juga baik banget sama saya, dan kita seumuran (lebih tua dia setahun),, seneng deh bisa ada temen yang  nyambung kalo udah ngomongan film, apalgai film komedi romantisnya Thailand, trus tukeran film juga.. hehe,, ya sedihnya mungkin dy juga ga lama disini, karna dia kesini juga pas lagi liburan kuliahnya.. gapapa seenggaknya punya kenangan..

Trus lagi, saya lupa, saya bisa masuk sini karna temen saya yang lagi S2 di Jogja ngabarin saya tentang lowongan kerja disini, many thanks for you lah broo,, dan saya agak bangga karna yang daftar kata peneliti gue sekitar 115 orang, trus yang lolos seleksi 35 orang, trus dari 5 orang, Cuma 1 yang di pilih yaitu sayaaa,, hahaha.. *apasih, kagetnya lagi setelah udh cukup lama disini adalah dulu dia temen deketnya sepupu saya pas jaman kuliah,, emang sempit ya bumi ini.. dan lanjut, di minggu pertama, saya udah jalan-jalan, ke Kawah Putih, danau Situ Patenggang, dan makan di restoran Bandung daerah Ciwidey yang sunda pisan euy.. Itu karna peneliti saya kedatangan tim penelitinya yang satu proyek sama penelitian yang lagi kita kerjain disini tepatnya tanggal 5 juni kemarin, mereka adalah dosen-dosen dari universitas ternama di Jogja.. Jadi punya kesempatan juga buat jalan-jalan,, seneng bisa kenal sama orang-orang hebat..

Ehm,, saya masih punya mimpi, untuk masa depan, saya masih punya keinginan buat ngelanjutin studi, karna sadar masih kurang banget ilmunya setelah saya mulai belajar gimana dunia kerja itu sebenernya. Disini, saya juga banyak sharing sama peneliti saya dan istrinya, gimana saya bisa merealisasikan tujuan masa depan saya, peneliti saya mau membantu saya mencari beasiswa untuk melanjutkan studi saya jadi karir saya lebih mudah nantinya untuk lebih baik, karna ga mustahil katanya kalo saya juga bisa jadi seorang peneliti, justru katanya orangtua saya ada benarnya kalo saya disuruh kerja dulu, karna pengalaman kerja itu penting, beliau cerita sendiri kalo setelah lulus S2 pun dia ga langsung dapat pekerjaan di sebuah instansi, jangan terburu-buru untuk lanjut studi yang ga tau nantinya kamu bakal kerja dimana, selama pengalaman itu masih bisa kamu dapatkan. Mungkin saya juga ga bakal tau apa pentingnya S2 kalo saya ga disini, atau di tempat kerja yang ga sesuai dengan bidang saya selama kuliah. Tapi ini balik ke pendapat masing-masing, gak sepaham gapapa, kan hidup mah urusannya masing-masing.. OK

Saya masih bersyukur masih dipertemukan dengan orang-orang baik, dan kadang saya menyadari bahwa Tuhan selalu menjawab do’a saya, dan pentingnya restu orangtua.

Yang masih saya belum paham, saya di suruh nikah dulu sebelum bener-bener memutuskan untuk kerja, biar ga repot katanya, cuma masalahnya sama siapa?? Punya solusi? *Lupakan

Yaudah segitu dulu, karna aku tak sanggup menahan cerita ini.. hahaha



Ini pemandangan senja di sore hari depan rumah

Ini adalah kamar saya

Bunga di sekitar rumah

My favorite flower Pink Rose depan rumah, sekarang pada bermekaran di depan sama belakang rumah.


Saya dan adik istrinya Peneliti, foto ini sebelum dia pamit pulang.

Tempat kerja saya adalah sebuah laboratorium yang dibuat peneliti saya

Foto kiri itu salah satu hasil isolasi PFR di media SDA,, suka banget sama bentuknya yang kayak kapas, yang foto kanan adalah dokumen peninggalan lama sekitar tahun 70an yang ditemukan oleh peneliti saya waktu menata labnya, salah satu orang yang ada di foto bersama itu ada Pak Semangun.

Yang kiri itu Billy dan yang kanan adalah si kembar Chubby dan Bready, pengawal setia peneliti.

Pemandang Sunrise depan rumah teteh orang kepercayaan peneliti saya yang tepat depannya adalah Gunung Tilu,, MasyaAllah..


6 foto itu adalah pemandangan ketika saya melakukan Tea Walk.

Foto kiri adalah makam R.E. Kerkhoven pendiri kebun teh disini, dan yang foto kanan adalah danau Situ Patenggang.


Waktu saya makan di salah satu restoran ternama di Ciwidey,, setiap tempat makan atau saungnya di namain alat musik sunda, dan saya berada di saung kecapi.



Waktu saya ke Kawah Putih.

Jadi masih mau dirumah aja? Indonesia terlalu indah buat dilewatkan lhoo
Trus gimana sama pengalaman kamu? Cerita itu obat hati yang juga menyenangkan
Salam terseruu buat kamu yang baca,, makasih ya ^^ Hatur nuhun sadayana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar